-->

KPK Buka Suara! Ada Duit Suap Miliaran Rupiah Mengalir ke Rekening Gubernur Pendukung Jokowi

Advertisemen
Tuan Guru Bajang Zainul Majdi (Foto: liputan6.com)


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka-bukaan. Setelah menggandeng Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), lembaga anti rasuah itu menemukan laporan lalulintas uang yang tidak wajar mengalir ke rekening Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi dan istrinya.

Tidak tanggung-tanggung loh ucers, tempo.co (17/09/2018) melansir, dana yang mengalir ke sejumlah sejumlah rekening di Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BCA dan Citibank itu berjumlah sekitar Rp7,36 miliar. Ada juga dana yang mengalir dalam bentuk penularan valuta asing senilai 1 juta Dolar Amerika Serikat. Catatan lain menunjukan ada pembelanjaan sebuah mobil mewah jenis Toyota All New Alphard.

Dari mana sumber uang sebanyak itu mengalir ke rekening TGB dan istrinya? Komisi Pemberantasan Korupsi bilang, itu adalah dana divestasi saham Newmont oleh PT Multi Daerah Bersaing pada November 2009. KPK menegaskan, TGB diduga menerima gratifikasi.

PT Multi Daerah Bersaing itu adalah kongsi perusahaan daerah PT Daerah Maju Bersaing dan PT Multi Capital. PT Daerah Maju Bersaing didirikan pemerintah Daerah NTB serta Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat, tempat tambang emas Newmont. Sedangkan PT Multi Capital anak usaha PT Bumi Resources, Grup Bakrie. Adapun Recapital Asset Management, lembaga yang diduga mengalirkan duit ke TGB, adalah perusahaan pengelola investasi Grup Bakrie.

TGB sebelumnya adalah anggota alumni 212 yang tidak mendukung Jokowi, karena Jokowi dianggap pembela penista agama. Tapi tiba-tiba, TGB secara mendadak membelot dan mendukung Jokowi. Akhirnya, dia dikeluarkan dari daftar alumni 212 itu.

Banyak pihak menduga, dukungan TGB kepada Jokowi itu, karena memang tersangkut kasus divestasi saham PT Newmont tersebut. Dia yang tadinya anti Jokowi dan tiba-tiba menjadi pendukung setia itu, berharap agar bisa lolos dari masalah itu. berharap mendapat pembelaan.

Tapi apa yang terjadi, KPK tiba-tiba saja mengumkan hal mengejutkan itu. TGB dan istrinya diduga menerima gratifikasi miliaran rupiah. Miris! ***


Sumber: www.nasional.tempo.co/read/1127273/tgb-diduga-terima-gratifikasi-ini-duit-keluar-masuk-rekeningnya/full&view=ok
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments